Minggu, 19 Juni 2016

8 Tempat Wisata di Indramayu Yang Akan Membuatmu Terpesona


Indramayu merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Mungkin nama kabupaten ini masih terasa asing bagi mereka yang tinggal diluar wilayah Jawa Barat. Tapi Indramayu memiliki banyak sekali potensi wisata yang menjadikannya layak untuk dikunjungi. Mungkin nama Indramayu belum seterkenal nama Bandung, Bogor, Garut atau kota lain di Jawa barat, tapi mengenai destinasi wisata di Indramayu tidak boleh dipandang sebelah mata. Indramayu mempunyai obyek wisata menarik seperti pantai, situ dan pulau, hingga wisata sejarah.


Nah disini Visit Indramayu akan coba membedah beberapa tempat wisata menarik yang bisa sahabat kunjungi. Dan bersiap-siaplah terpesona dengan Kabupaten Indramayu.

1. Pantai Tirtamaya, Masih Menjadi Andalan Obyek Wisata Pantai Di Indramayu.

 

Pantai Tirtamaya di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu. Tempat wisata ini masih menjadi andalan Pemkab Indramayu untuk menarik banyak wisatawan untuk bisa berkunjung ke Kabupaten Indramayu.

Sekarang pantai ini kabarnya juga sudah menjadi pintu masuk menuju pulau biawak. Tentu saja pantai ini sedang digarap secara serius oleh Pemkab Indramayu untuk dijadikan destinasi wisata yang lebih menarik.

Disini sahabat bisa barmain air dipantai atau hanya sekedar menikmati suasana pantai.

2. Pulau Biawak, Siap Menyambut Pengunjungnya Dengan Koloni Biawak dan Mercusuar Yang Menjulang.

Saat mengunjungi pulau ini, Wovger akan disambut dengan menara mercusuar kuno yang di bangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872. Pulau ini menjadi destinasi wisata yang patut Wovger kunjungi karena keindahan yang ditawarkannya. Pulau ini mempunyai taman laut dengan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri.

Pulau ini juga dikelilingi pantai berpasir putih dengan ditanami tanaman bakau dan mangrove yang cukup lengkap jenisnya. Seperti namanya, disini Wovger juga akan disambut oleh koloni biawak yang tersebar.

Sahabat bisa melakukan banyak hal disini seperti memancing, snorkeling dan wisata petualangan. Pulau biawak mempunyai luas 120 ha terletak 40 km sebelah utara Kota Indramayu yang dapat di jangkau dengan perahu nelayan.

3. Pantai Balongan Indah, Mempesona Dengan Deretan Perahu Nelayan.

Pantai Balongan Indah tergolong tempat wisata baru di Indramayu. Pantai ini memang belum seterkenal pantai-pantai lain, tapi pantai ini sudah cukup bisa mempesona sahabat saat mengunjunginya.

Disini sahabat bisa menikmati sunset dan sunrise dengan seksama karena bibir pantai yang cukup panjang dan luas. Selain itu, disini biasanya juga ada kapal-kapal nelayan yang bersandar yang menambah kecantikan pemandangan pantai ini.

4. Pantai Glayem, Menawarkan Keindahan Pantai Dan Menu Seafood Khas Glayem.

Pantai Glayem sangat mempesona dengan ombak yang relatif lebih kecil sehingga Wovger bisa bermain air dengan nyaman. Saat ini pantai ini juga tengah dibangun pemecah dan penahan ombak.

Disini sahabat bisa menikmati keindahan pantai sambil menaiki perahu bermotor yang siap membawa sahabat berkeliling. Selain itu, ditepi pantai juga banyak penjual jasa penyewaan ban untuk berenang dan kereta wisata untuk mengitari pantai.

Di pantai Glayem, Wovger juga akan dimanjakan dengan wisata kuliner dengan menu khas olahan laut ala Glayem.

5. Pantai Karangsong Dengan Kawasan Hutan Mangrove Yang Menawan.

Selain menikmati pemandangan pantainya yang indah, sahabat juga bisa melihat kesibukan para nelayan yang sedang membongkar ikan hasil tangkapan. Ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai ini. Wovger juga bisa membeli ikan yang masih fresh dan baru ditangkap ini ditempat pelelangan ikan yang ada di dekat sini.

Hal yang cukup langka ditemukan dipantai-pantai lain, disini sahabat juga bisa melihat aktivitas para pekerja dan perajin yang sedang membuat perahu atau kapal disepanjang jalan menuju Pantai Karangsong. Wuh sangat luar biasa.

Dikawasan ini juga ada hutan mangrove yang memiliki daya tarik wisata tersendiri. Untuk menuju hutan mangrove ini, pengunjung harus menggunakan sarana transportasi perahu milik nelayan. Disini sahabat bisa menyusuri hutan mangrove dan melihat berbagai jenis mangrove dilahan seluas lebih 25 hektar. Selain itu, disini sahabat juga bisa memancing, karena kabarnya dihutan ini menjadi tempat udang dan ikan besar bersemayam.

6. Pantai Lemah Abang Eretan, Mempesona Dengan Dengan Tanah Kemerahan Yang Mengelilinginya.

Pantai ini sangat mudah dijangkau oleh sahabat karena lokasinya sangat dekat dari jalur Pantai Utara. Pantai ini juga dikelilingi oleh batu penahan ombak. Keunikan dan daya tarik tersendiri dari pantai ini adalah tanahnya yang berwarna kemerahan. Saat matahari sedang terik, tanah merah di pantai ini akan terlihat sangat jelas.

7. Situs Buyut Banjar, Dengan Misteri Koloni Kera Berjumlah 41.

Disini merupakan petilasan Pangeran Surya Nagara. Disini sahabat bisa melakukan ziarah sekaligus membuktikan legenda monyet Banjar. Situs ini terletak di Desa Bulak Kidul, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Disini ada sebuah legenda yang yang sangat populer dikalangan masyarakat sekitar mengenai monyet banjar yang berjumlah tidak pernah kurang atau lebih hanya 41 ekor.

Makam ini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar dan ramai dikunjungi pada waktu-waktu tertentu seperti malam Jumat kliwon, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

8. Taman Cimanuk Yang Menjadi Ikon Baru Wisata Indramayu.

Lokasi taman ini terdapat jalan veteran Indramayu atau tepat di belakang masjid agung Indramayu atau di bawah Jembatan utama dekat Pendopo Indramayu. Selain itu, taman yang menjadi ikon baru kota Indramayu ini dilengkapi dengan sampan yang terbuat dari bambu yang disandarkan di tengah-tengah sungai. Sayangnya sampan ini hanya berupa hiasan tidak bisa digunakan untuk mengitari Sungai Cimanuk tersebut.

Tapi sahabat tetap bisa menikmati berbagai kenyamanan dan keindahan tatanan taman ini.

Bagaimana? Apakah sahabat sudah terpesona dengan Indramayu? Masih ada banyak sekali pesona keindahan wisata di Indramayu. Jangan segan-segan untuk menambahkan di Komentar yah.


BAGIKAN

Author:

Mari kita majukan Indramayu melalui tulisan kita, mari berdiskusi di forum Visit Indramayu.

0 komentar: